Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

Amanahkan Sertifikasi Tanah Ke Seluruh Jatim, Lembaga Wakaf Nu Jatim Gelar Rakorwil

Ponorogo – Lembaga Wakaf dan Pertanahan Pengurus Wilayah Nahdhotul Ulama (LWP PWNU) gelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) bersama LWP PCNU se-Jawa Timur pada hari ahad, (20/03/2022) yang berpusat di Aula Arroudhoh Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Diikuti pengurus PC dari berbagai wilayah cabang di Jawa Timur puluhan mobil berjajar rapi di halaman asrama Arroudhoh dan Tan’im Pondok Pesantren Darul Huda.

Rangkaian kegiatan pada Rakorwil ini terdiri dari acara seremonial, rapat pleno satu, dan rapat pleno dua. Acara yang dilaksanakan dari pagi hingga sore tersebut bertujuan untuk sharing-sharing mengenai kondisi asset wakaf NU di masing-masing wilayah cabang.

Salah satu hal yang paling penting dalam terlaksananya wakaf adalah kompetensi nazhir. Yang berhak menentukan nazhir adalah seorang pemimpin dalam hal ini adalah KUA/Kemenag, jika tidak mampu, atau dikhawatirkan tidak mampu boleh sekelompok orang yang ahli agama berkumpul untuk menentukan nazhir. Kacaunya pembagian nazhir dalam perwakafan di lembaga-lembaga sering menjadi kendala tidak tersertifikasinya tanah wakaf menjadi aset NU.

Untuk solusi produktifitas akta ikrar wakaf tidak melulu diikrarkan dengan tempat ibadah atau tempat pendidikan saja. Tapi bisa diikrarkan dengan tempat ibadah dan fasilitas pendukungnya, sehingga tidak masalah jika di kemudian hari dibutuhkan fasilitas pendukung seperti ruangan kelas, kantin, koperasi dan lain-lain.

Selain tersertifikasi, tanah asset wakaf tersebut harus dimasukkan datanya ke Pusdatin BPN agar inventarisasi

Rakorwil LWP PCNU Se-Jatim di PP Darul Huda

“ke depan divalidasi lagi apakah sudah sertifikat apa belum, Pusdatin BPN (Pusat Data dan Informasi Pertanahan, tata ruang dan Lahan Pertanian Pangan berkelanjutan) punya data yang mana milik NU, yang mana milik Muhammadiyah dan lain-lain.” Tutur wakil LWP PWNU, KH. Saiful Munir Rakor selanjutnya akan dilaksanakan secara online. Teknisnya beberapa perwakilan PC hadir di suatu majelis, sedangkan yang lainnya bisa mengikuti via zoom. Karena jika terus menerus diadakan Rakorwil pertemuan akan menyita banyak waktu dan biaya, terutama bagi yang lokasinya jauh dari tempat acara.

Spread the love

Share This Post

Like This Post

0

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks