Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

ANTUSIAS ALUMNI DARUL HUDA PADA RUTINAN MUJAHADAH DZIKRUL GHOFILIN DI TEGAL SARI

Tegal Sari – Malam yang dipenuhi dengan para perindu kebersamaan yang diselimuti dengan berbagai bintang menjadikan malam ini terasa syahdu. Rombongan para alumni mulai pukul 19.00 WIB sudah mulai berdatangan dengan mengenakan berbagai kendaraan, mulai dari roda dua hingga bus di lokasi tegal sari. Tak heran bahwa sebentar saja lokasi keramat itu sudah dipenuhi dengan para alumni Darul Huda dan masyarakat sekitar. Kegiatan   ini di pimpin langsung oleh KH. Abdul Wachid yang di dampingi oleh KH. Ahmad Syaifuddin Rofi’i dan Ust. Umar Salim, M. Pd.

Mujahadah Aurod Dzikrul Ghofilin Ikatan Alumni Darul Huda di Makam Ki Ageng Muhammad Besari Tegalsari, Ponorogo. (17/02/2022).

Setelah sekian purnama tak jumpa, kegiatan ini sekaligus menjadi pelipur lara bagi para pengamal Aurod Dzikrul Ghofilin, terutama bagi alumni Darul Huda dan masyarakat. Dalam upaya pembinaan moral sekaligus siraman rohani bagi alumni Darul Huda dan masyarakat, kegiatan ini terbilang berlangsung sangat lancar. Pengamalan Aurod Dzikrul Ghofilin yang secara rutin diselenggarakan pada malam Jum’at Kliwon di lokasi makam Ki Ageng Muhammad Besari Karena pandemi Covid-19 tidak dapat diselenggarakan dilokasi makam tersebut, tetapi tetap dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Huda. Dan baru pada tanggal 17 Februari 2022 yang bertepatan pada malam jumat kliwon dilaksanakan di lokasi makam dan diikuti oleh Alumni Darul Huda dan masyarakat setempat.

Walaupun terbatasi akses ke Maqbaroh Auliya’ Tegal Sari karena masih di bentengi oleh pandemi covid-19, kegiatan mujahadah rutin Dzikrul Ghofilin tetap dilaksanakan oleh santri Pondok Pesantren Darul Huda yang ada di dalam pondok di setiap malam jum’at kliwon.

“Alhamdulillah, kegiatan rutin mujahadah Dzikrul Ghofilin dapat kita selenggarakan kembali sebagai bentuk kerinduan kita terhadap amaliyah rutin yang kita lakukan. Bentuk syukur kita masih diberi kesehatan, masih diberi ketetapan iman dan ihsan, maka kita gunakan kesempatan ini untuk melakukan hal-hal kebaikan yang di ridhoi oleh gusti Allah”. Dawuh KH. Abdul Wachid.

Sebelum mujahadah dimulai, KH. Abdul Wachid memberikan nasihatnya kepada para alumni Darul Huda dan masyarakat mengenai keistimewaan bulan-bulan yang diharomkan, salah satunya bulan Rojab. Bulan ini sangatlah istimewa karena merupakan bulannya kanjeng Nabi Muhammad SAW yang mana pada bulan ini ada perjalanan spiritual yang sangat spesial yang dilakukan oleh kanjeng Nabi Muhammad SAW dengan malaikat Jibril untuk menghadap kepada Allah SWT untuk mendapatkan perintah langsung mengerjakan sholat 5 waktu. Peristiwa ini terkenal dengan peristiwa Isro’ dan Mi’roj Nabi Muhammad SAW.

“Jika sholat minimal 5 waktu ini tidak diwajibkan oleh Allah SWT kira-kira kita ini hanya melakukan setahun 2 kali sholat yaitu sholat Idul Fitri dan idul Adha. Tetapi Alhamdulillah kita diwajibkan melaksanakan sholat minimal 5 waktu kita mengingat dan berkomunikasi dengan Allah SWT”. Imbuh beliau, KH. Abdul Wachid

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan sholat kita dapat mengambil hikmah atau pelajaran-pelajaran didalamnya. Seperti pada saat kita sedang sholat, kita diberikan pelajaran oleh Allah SWT tentang tawadhu’. Tawadhu’ itu andap ashor (red: jawa), rendah hati, kita tidak boleh sombong yaitu pada waktu sholat tepatnya pada saat kita sujud. Pada waktu sujud itu anggota yang paling mulia yaitu kepala ditempelkan ke tempat sujud sejajar dengan kaki kita dalam rangka Sujud Ngabekti Marang Gusti Alloh (sujud menghamba kepada Allah SWT). Selanjutnya ketika sholat kita diajari ikhlas yaitu pada saat takbirotul ikhrom, ketika sudah “Allohu akbar” yang akbar itu hanya Allah, tidak ada yang lainnya.

Maka dari itu ketika kita ibadah kita harus ikhlas, perhitungannya dengan Allah. Kita mujahadah Dzikrul Ghofilin ini kita meminta ridhonya Gusti Allah, kita mengharap kemurahan dan kawelasannya Allah didunia dan Akhirot. Aamiin.

Spread the love

Share This Post

Like This Post

25

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks