Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

DZIKIR AKBAR KIYAI SE-MATARAMAN MENYAMBUT ISRA’MI’RAJ 1443 H: Erick Thohir Ingin Membangun Pesantren Menjadi Mercusuar Peradaban

PONOROGO – Pada hari sabtu, 5 Februari 2022 Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, B.A., M.B.A. menghadiri kunjungan ke Ponorogo yang salah satunya melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Yang sebelum-sebelumnya telah mengisi seminar di IAIN Ponorogo dan mengunjungi monumen Batarangin. Kunjungan menteri BUMN di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak ini sekaligus menghadiri acara Dzikir Akbar dalam menyambut bulan Rojab. Dalam rangka menjaga silaturrahim, Erick Thohir menyempatkan untuk hadir.

Dzikir Akbar Kyai Se-Mataraman bersama H. Erick Thohir, B.A., M.B.A Menyambut Isro Mi’roj 1443 H di Ponpes Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. (05/02/2022)

Bapak Menteri Erick Tohir, B.A., M.B.A.  tiba disambut oleh santri-santri putra Pondok Pesantren Darul Huda yang di iringi dengan kemeriahan Marching Band putra dalam menyambutnya. Seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Darul Huda Mayak mengucapakna Ahlan Wa Sahlan. Antusias santri dalam menyambut Bapak Menteri sangat gempar dan meriah. Keantusiasan santri dalam menyambut Bapak Menteri ini ditunjukan kesiapan santri berbaris di pingir Jl. Ir. H. Juanda, Lambaian tangan sebagai tanda selamat datang dari santri di tujukan atas kehadiran tamu negara.

Bapak Menteri BUMN Erick Thohir bersama Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. hadir di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak sekitar pukul 18.30 WIB yang berada di gerbang baru Ar-Roudhoh. KH. Abdus Sami’ Hasyim pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda Mayak sangat bangga atas kedatangan Bapak Menteri. Tak lama setelah kedatangannya, bersama keluarga ndalem dan segenap pejabat yang datang, langsungmelaksanakan shalat maghrib berjamaah di Aula Roudhoh 4. Setelah shalat maghrib berjamaah serta dzikir ba’da sholat di laksanakan, Bapak Menteri beserta rombongan diarahkan ke ndalem guna ramah tamah.Setelah sesi dokumentasi di barat Aula Shofa, kemudian  Bapak Pengasuh, Bapak Menteri, dan tamu undangan menuju ke panggung utama diiringi oleh lantunan sholawat Thala’al Badru dari grub hadroh Al-banjari.

Acara resmi dimulai 19.44 Wib oleh Ust. H. Choirul Anam, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Syubbanul Wathon oleh seluruh hadirin. Sambutan-sambutan menempati acara ke empat setelah pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ust. Brilian Yazid Aulia.

Sambutan pertama disampaikan oleh Romo KH. Abdus Sami’ Hasyim berkenan untuk memberikan sambutan pembina sekaligus pengasuh. Beliau menyampaikan bahwa segenap keluarga PP. Darul Huda bersyukur karena pertama bertemu dengan bulan Rojab, dan yang ke-dua kedatangan tamu Bapak Erick Thohir yang merupakan menteri yang peduli kepada masyarakat, santri, dan pesantren.

“Bapak menteri datang dengan tema ekonomi keumatan masyarakat dan pesantren, santri agar mau mengambil ilmu dari bapak menteri, kalau perlu yang bawa buku untuk dicatat.” Dawuh KH. Abdus Sami’ Hasyim sebelum menutup sambutannya.

Pada sesi pengarahan Bapak Menteri memulai dari menyambut tamu undangan dan mengapresiasi perannya karena telah membantu negara dalam menyelesaikan masalah covid-19 di Indonesia hingga menjadi salah satu penanganan covid terbaik di dunia. Beliau juga menyampaikan bahwa perkembangan ekonomi di Indonesia masih dalam kondisi yang stabil dan diperkirakan akan berlanjut hingga tahun 2045.

“Satu, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh hingga tahun 2045, tidak banyak negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi sehebat Indonesia. Kedua, kita punya sumber daya alam yang sangat besar dan ini sejak zaman dahulu diperebutkan. Ketiga, kita punya market besar, dengan populasi nomor 4 di dunia. Tetapi hari ini yang keempat membuat saya takut. Jumlah penduduk Indonesia semakin besar di tahun 2034 yang usia di bawah 40 tahun adalah yang terbesar di Indonesia.” Tutur Bapak Erick Thohir

BUMN kini terus mendorong Pesantren agar menjadi mercusuar peradaban tak lain adalah untuk faktor pembiayaan dan pendamping. Hal tersebut kini terbukti dengan adanya Bank Syariah Indonesia dan dibukanya magang santri. BUMN juga terus berkerja sama dengan BAZNAS dalam pengelolaan zakat BUMN agar harta zakat ini tepat sasaran, programnya dengan BAZNAS adalah memberikan beasiswa untuk anak di desa-desa.

Dengan hadirnya Bapak Erick Thohir sebagai menteri BUMN, ingin menjadikan pondok pesantren yang ada di Indonesia menjadi mercusuar peradaban. Hal tersebut diwujudkan dengan akan dibukanya magang santri. Beliau juga berharap agar santri punya pola fikir positif, berani beradaptasi, dan juga menjaga agar dirinya tidak menyerah.

Atas kunjungan bapak mentri BUMN ini, semoga akan terbangun komunikasi antara Pondok Pesantren Darul Huda dengan bapak menteri Erick Tohir, dan para santri dapat belajar atas pengalaman beliau, bahwa betapa meraih bintang di perlukan kesabaran dan pengorbanan.

Spread the love

Share This Post

Like This Post

3

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks