Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

TITLE
TITLE

PONOROGO – Dalam proyek pembangunan infrastruktur dan properti istilah groundbreaking ceremony sudah tidak asing lagi. Peletakan batu pertama (Groundbreaking) merupakan salah satu tanda dimulainya pembangunan sebuah proyek. Acara Groundbreaking umumnya dilakukan oleh perusahaan berskala besar atau yang memegang proyek besar dalam bisnis di bidang properti. Pelaksanaan kegiatan memiliki beragam tujuan, tergantung pada proyek yang dikerjakan

Pada umumnya, groundbreaking ceremony sering ditandai dengan mempertontonkan sekop yang banyak yang telah menjadi budaya di negara dan dunia yang dijadikan upacara ritual dalam memulai proses pembangunan. Akan tetapi berbeda sekali di PP. Darul Huda Mayak Ponorogo ini, acara upacara ritual hanya dilakukan dengan mujahadah bersama, mulai mujahadah Aurod Dzikrul Ghofilin bersama para santri dan mujahadah Tahlil bersama pengurus dan pejabat struktural yayasan PP. Darul Huda Mayak Ponorogo.

Di dalam pelaksanaanya, acara groundbreaking ceremony dalam rangka Pembangunan 3 Lantai Ruang Kelas PP. Darul Huda Mayak Ponorogo dibuka oleh Ust. Umar (selaku Kepala Sekolah MA Darul Huda) yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama di sampaikan oleh KH. Abdus Syami’ Hasyim selaku pimpinan sekaligus pengasuh PP. Darul Huda Mayak Ponorogo,  sambutan kedua di sampaikan oleh Mas Afan selaku koordinator pembangunan proyek  ruangan kelas PP. Darul Huda Mayak Ponorogo.

“Istilah groundbreaking ceremony atau peletakan batu pertama atau nduduk ris (red: jawa) atau apalah itu merupakan bentuk syukur kita atas nikmat yang diberi oleh Allah SWT, kita masih diberikan kesempatan untuk membangun sebuah gedung kelas yang bertujuan meningkatkan kenyamanan santri dalam berjuang mencari ilmu Allah SWT”. Tutur KH. Abdus Syami’ Hasyim

“Salah satu upaya kita untuk menciptakan kesuksesan dalam pendidikan yaitu dengan didukung fasilitas-fasilitas yang memadai yang mampu menunjang belajar santri. Dengan adanya gedung kelas baru ini kami mewakili keluarga besar PP. Darul Huda benar-benar tidak ada niatan untuk berwah-wahan yang tidak woh (bermewah-mewahan yang  tidak menghasilkan)”. Imbuh KH. Abdus Syami’ Hasyim

Setelah selesainya sambutan-sambutan,  acara selanjutnya dilanjutkan dengan pemotongan nasi kuning atau tumpeng sebagai salah satu bentuk syukur.  Acara yang dihadiri oleh Masyaikh pondok dan pengurus yayasan terlihat rekat ketika dilakukannya sesi foto dan di latarbelakangi oleh banner groundbreaking ceremony  dan alat berat crane. Alat berat crane sendiri merupakan alat untuk  pekerjaan mengangkut material seperti besi, tanah, beton, pasir, lumpur, batu pecah, batu bara dan lain-lain. Adapun berat alat ini hingga 70 ton.

“Dengan doa kyai dan segenap tamu undangan, proyek ini kami targetkan hingga tanggal 31 Oktober 2022. Semoga dengan doa ikhlas kyai dan segenap tamu undangan bisa menambah semangat batin kami untuk selalu bersemangat menjalankan proyek ini dan bisa mendapatkan ridho Allah SWT.  Untuk hari ini kami sudah melakukan pemasangan  2 beton ke tanah sedalam 14 M dan kami tambah lagi 7 M sehingga sampai pada kedalaman tanah yang keras. Hal tersebut sudah sesuai dengan analisis kami selama ini”.  Jelas Mas Afan selaku koordinator pembangunan proyek  ruangan kelas PP. Darul Huda Mayak Ponorogo

Tidak sampai disitu, koordinator pembangunan proyek juga menjelaskan mengenai status tanah di PP. Darul Huda Mayak Ponorogo yang berkah hujan akhir-akhir ini dapat melunakkan sifat tanah yang bisa mempermudah petugas proyek dalam melakukan pekerjaannya.

Semoga dengan semakin bertambahnya sarana dan prasarana di PP. Darul Huda Mayak ini menambah semangat belajar santri dalam ber-tarbiyah di pondok ini, dan menjadikan masyarakat semangat memondokkan anaknya agar menjadi insan kamil, menjadi manusia yang berjuang mencari ilmu Allah SWT, terlebih untuk mencari ridho Allah SWT. Allohuma Aamiin.

الى حضرة مؤسس معهد دار الهدى كياهي هاشم صالح وجميع المعلمين والمعلمات والعاملين والعاملات والتلاميذ والتلميدات في معهد دار الهدى الاحياء منهم والاموات ولمن اساء علينا ولمن احسن علينا تغمدهم الله برحمة و مغفرة من الله ورضوان. لهم الفاتحة.

Post Views: 12,970
Spread the love