Haul ke-21 KH. Hasyim Sholeh: Mengenang, Berdoa, dan Menginspirasi Generasi Santri

Video Dokumentasi : https://bitly.cx/z5hu

Peringatan Haul ke-21 almaghfurlah KH. Hasyim Sholeh rutin 18 Syawal pendiri Ma’had Darul Huda Mayak, baru saja diselenggarakan dengan penuh makna dan inspirasi. Acara ini diorganisir oleh Ikatan Alumni Pondok Pesantren Darul Huda Mayak (IKADHA MAYAK) bersama keluarga besar pondok pesantren Darul Huda Mayak Haul 21 ini menjadi momen nostalgia bagi para alumni sekaligus ajang untuk memberikan motivasi kepada santri yang masih menimba ilmu di Darul Huda Mayak. Kegiatan dimulai pada hari Jum’at, 26 April 2024, dengan acara Dzikrul Ghofilin yang berlangsung di makam almaghfurlah KH. Hasyim Sholeh.

Dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda, KH. Abdus Sami’ Hasyim, acara ini dihadiri oleh para alumni pondok pesantren Darul Huda Mayak dan Ikatan Jamaah Haji Darul Huda (IJHAD), serta masyarakat umum. Setelah itu, dilanjutkan dengan Kenduri Alumni yang menjadi wadah nostalgia bagi para alumni, saat mereka masih menimba ilmu di Darul Huda. Mereka menikmati hidangan bersama dengan menu khas pesantren, mengenang saat-saat mereka nyantri di pondok pesantren Darul Huda Mayak.

Pada Sabtu, 27 April 2024, rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan Sowan Masyayih oleh para alumni ke Ndalem masyayikh Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, untuk memperoleh ridho, doa, dan keberkahan, Bersamaan kegiatan ini juga dilaksanakan Talkshow “Darul Huda Bisa”, di mana para alumni yang telah sukses dalam berbagai profesi hadir sebagai pembicara, berbagi kisah mereka untuk memotivasi para santri agar terus berjuang mencapai cita-cita dengan penuh keikhlasan.

Puncak acara adalah Pengajian Akbar yang menghadirkan KH. Zuhrul Anam dari Banyumas sebagai pembicara utama, dihadiri oleh para kyai, pimpinan daerah, alumni, dan masyarakat umum. Dalam pembukaan pengajian itu, KH. Abdus Sami’ Hasyim menyampaikan manaqib almaghfurlah KH. Hasyim Sholeh, sementara bapak Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo, mengapresiasi sumbangsih pondok pesantren Darul Huda Mayak dalam mencetak generasi penerus yang berakhlak dan berkualitas khususnya di Kabupaten Ponorogo.

KH. Ahmad Nawawi Kholil dari Rembang menyerukan para alumni untuk tetap mendukung dan membantu dalam mewujudkan cita-cita Mbah Hasyim, dengan gaya khasnya beliau mengingatkan kepada alumni untuk benar-benar ta’alluq kepada pondok, ujarnya ” acara haul, alumni kok ndadak ngenteni undangan,gek alumni cap opo iku”

Dan yang terakhir KH. Zuhrul Anam, dalam mauidoh hasanah-nya, berpesan kepada para santri dan alumni agar terus semangat dalam melanjutkan perjuangan ulama dengan ilmu, insyaallah dengan ilmu kita semua akan di mulyakan Allah. Mauidhoh hasanah secara utuh bisa diakses melalui tautan berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=NMk07MYwuOU

Check Also

PERINGATAN ISRO’ MI’ROJ NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1445H

Ponorogo, 8 Februari 2024. Pondok pesantren darul huda kembali mengadakan acara peringatan hari besar islam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *