Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

IKADHA LIRBOYO : Meningkatkan Karakter Religius dan Silaturahmi Dengan Rutinan Mujahadah Dzikrul Ghofilin Di Bumi Lirboyo

KEDIRI – Karakter merupakan kumpulan beberapa tata nilai yang menuju pada suatu sistem yang melandasi pemikiran, sikap, perilaku yang ditampilkan. Memahami karakter, sama dengan memahami kepribadian seseorang. Kepribadian dianggap sebagai ciri, karakteristik, atau sifat khas dari seseorang yang bersumber dari pembiasaan-pembiasaan yang diterima dari lingkungan, contohnya seperti keluarga pada masa kecil, bawaan dari lahir, dan pembiasaan dari lingkungan sosial.

ANTUSIAS : IKADHA Lirboyo melakukan Rutinan Mujahadah Dzikrul Ghofilin setiap bulannya. (11/12/2021)

Sedangkan perilaku religius yakni sikap atau perilaku yang cenderung dekat dengan hal-hal spiritual. Seseorang dikatakan religius ketika ia merasa berusaha mendekatkan dirinya dengan sang penciptanya, baik secara langsung ataupun lewat perantara para wali.  Sikap batin seseorang ketika berhadapan dengan realitas kehidupan luar dirinya itu juga bisa dikatakan dengan religiusitas. Misalnya, hidup, mati, kelahiran, bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan sebagainya.

Karakter religius yang dilakukan oleh IKADHA Lirboyo merupakan sikap taat dan patuh dalam memahami serta melaksanakan aliran kepercayaan yang dianut. Termasuk dalam hal ini adalah sikap toleran terhadap pelaksanaan aliran kepercayaan lain serta hidup rukun dan berdampingan dengan sesama.

Rutinan Mujahadah Dzikrul Ghofilin yang dilakukan oleh Ikatan Alumni Darul Huda Lirboyo (IKADHA Lirboyo) bertujuan untuk menyambung dan mempererat tali persaudaraan antar alumni Darul Huda dari semua angkatan. Ibarat seperti peribahasa Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung” yang bermakna kemana pun dia pergi, seseorang harus selalu mematuhi adat istiadat tempat yang dikunjunginya. Dalam hal ini bagi alumni yang sudah menyelesaikan pendidikan awal mereka di Darul Huda tidak akan pernah melupakan segala hal yang mereka peroleh dari Darul Huda pula. Bentuk penghormatan yang dilakukan oleh para alumni yakni selalu rutin menghidupkan tradisi lembaga pendidikan mereka dulu yakni dengan mengadakan rutinan mujahadah aurod Dzikrul Ghofilin setiap bulannya.

Semoga dengan diadakannya kegiatan hasanah ini bisa istiqomah dalam memberlangsungkannya, dan juga saling bisa menambah dan meningkatkan antar santri alumni Darul Huda di bumi Lirboyo ini. Aamiin.

Spread the love

Share This Post

Like This Post

0

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks