Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

Lomba Kamar Kemeriahan Haflatul Imtihan 2022

Berhasil Meniti Santri Dalam Mencintai Lingkungan Sekitar

PONOROGO– Dalam rangka memperingati Haflatul Imtihan Akhirussanah 2022, pengurus Departemen Kebersihan PonPes Darul Huda Mayakmenggelar Lomba Kamar dengan tema “mulailah hidup dengan mencintai  diri sendiri dan lingkungan sekitar dengan pola hidup bersih dan sehat”. Lomba kamar ini merupakan lomba kamar pertama setalah vakum 3 periode karena pandemi. Tujuan diadakannya lomba kamar ini tidak lain adalah untuk menumbuhkan semangat santri dalam menjaga kebersihan dimulai dari kebersihan kamar dan umumnya lingkungan sekitar agar santri senantiasa tetap terjaga dari berbagai macam penyakit yang berasal dari lingkungan yang kotor. Ujar M. Fatkul Muiz, selaku ketua pelaksana.

Dari Kiri: KH. Ahmad Saifudin Rofi’i, Ust. Umar M.Pd.I, Ust. Izzudin Abdul Aziz, Ust. Zainul Abidin, dan Ust. Nur Kholis ketika mengunjungi salah satu kamar santri pada acara Lomba Kamar tahun 2022

Teknis lomba kamar ini yaitu santri dari masing-masing kamar diberikan kesempatan untuk mempersiapkankamarnya, dengan membersihakan kamar, memperindah kamar seperti mengecat almari, menata almari serta perlengkapan kamar.Waktu santri dalam mempersiapkan kamarnya dimulai semenjak diumumkannya pengadaan lomba kamar olehpengurus kebersihan sekitar satu bulan sebelum penilaian. Santri diberikan kebebasan mendesain kamar dengan bahan dan corak sekreatif  mungkin. Namun dalam hal ini, santri hanya diperbolehkan mendesain almari bukan untuk dinding kamar. Kekreatifan santri dalam lomba kamar juga harus memperhatikan undang-undang pesantren dan syariat Islam secara umum.Panitia hanya memberikan beberapa kriteria penilaian yang harus ada di dalam kamar, sekaligus melarang beberapa hal yang tidak sepatutnya ada di dalam kamar.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri putra dengan kamarnya masing-masing yang dinillai oleh dewan asatidz dan menghadirkan tamu undangan dari para murabbi.Para santri sangat antusias mengikuti lomba kamar ini. Terlihat keantusiasan santri dalam menyiapkan kamar mulai dari kebersihan, kerapian, kelangkapan serta keserasian santri. Finishing lomba kamar terjadi ketika sore hari, hari pertama setelah pembukaan haflah di pagi harinya.

Saudara M. Fatkul Muiz yang ditunjuk sebagai penanggung jawab lomba mengatakan, ada beberapaaspek yang dinilai dalam lomba kali ini, secara umum meliputi aspek kebersihan, kerapian, kelengkapan peralatan, serta keindahan kamar. Penilaian dilakukan hanya dalam satu kali yaitu pada malam puncaknya Rabu, 6 Juli 2022 serta pada malam itu, juga terdapat upacara pembukaan yang bertempatan di halaman Ar Roudhoh.

salah satu kamar di asrama Ar-Roudhoh 3 ketika dikunjungi oleh KH. Abdul Wachid

Sementar itu, untuk pengumuman juara akan kami umumkan setidaknya satu minggu setelah acara lomba kamar selesai, menimbang perlunya mempersiapkan hadiah beserta atribut lain yang akan dibagikan. Semoga dengan adanya perlombaan kebersihan kamar dapat menginspirasi santri agar tetap menjaga kebersihan dan kerapian. Kebersihan dinilai sangat penting bagi seseorang, karena yang pertama kali seseorang lihat adalah dari wujudnya. Apabila kita, tempat, lingkungan kita bersih, nyaman, dan rapi. Maka akan membuat seseorang yang melihat juga nyaman dan senang serta pola hidup tetap terjaga dengan sehat dan terhindari dari berbagai penyakit.

Spread the love

Share This Post

Like This Post

0

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks