Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

MEMPERINGATI ISRO` MI`ROJ, PONPES DARUL HUDA ADAKAN LAILATUS SHOLAWAT

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ اللّٰهِ صَلاَةً دَائمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللّٰهِ

PONOROGO– Masa pandemi bukan penghalang bagi santri Darul Huda untuk merayakan Isra’ Mi’raj. pada tahun ketiga pandemi ini kasus – kasus belum juga mereda, masyarakat yang masih khawatir dengan isu kesehatan ini hanya bisa bersabar dan juga tawakkal kepada Yang Maha Kuasa, begitu juga para wali santri yang khawatir tentang keadaan anaknya di tengah kemunculan varian omicron dengan tingkat penyebaran lebih tinggi tapi dengan resiko yang lebih rendah.

Lailatus Sholawat dalam, rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw. (27/02/2022)

Menanggapi itu pengurus pondok pun juga bersikap lugas, mereka mengadakan berbagai program untuk menunjang kegiatan para santri di tengah pandemi ini, diantaranya yaitu mengadakan perayaan – perayaan pada peringatan hari-hari tertentu mulai dari Maulid Nabi, Hari Santri, Isra’ Mi’raj dan yang lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini tepatnya pada tahun 1443 Hijriyah, pondok pesantren Darul Huda kembali menggelar perayaan Isra’ Mi’raj yaitu “lailatus sholawat”.

 Kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat Darul Huda dalam memperingati di perjalankannya Nabi Muhammad Saw. dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa lalu naik menuju Sidratul Muntaha yang tak lain sebagai penghibur nabi pada tahun kesedihan namun pada momen itulah awal mula disyariatkanya sholat bagi umat Islam, seperti halnya kisah yang termaktub dalam kitab suci Al-quran, dan yang menjadi kewajiban kita semua sebagai umat muslim untuk mengimaninya.

Maka dari itu pengurus pondok mengadakan “lailatus sholawat” sebagai pelipur lara bagi para santri di tengah hiruk pikuk pandemi, yang di adakan di lapangan olahraga kompleks Asrama Ar-Raudloh. Kegiatan di mulai sekitar pukul 19.30 WIB, dengan membawakan sholawat Qosidah burdah dan juga sholawat – sholawat kontemporer yang masyhur di kalangan konco-konco santri, bersamaan dengan cuaca cerah dan damai yang membuat kegiatan terlaksana dengan khidmah.

 Selain itu juga semoga dengan dilantunkanya sholawat kepada Nabi, kita berharap semoga Allah SWT. membukakan pintu syafaat bagi kita dan juga segera menuntaskan pandemi ini dari muka bumi, tak hanya sampai di situ saja, kegiatan pada peringatan Isra’ Mi’raj ini, namun masih ada lagi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain yaitu pengajian kitab, lomba futsal dan juga lomba voli pro league.

Keberhasilan perayaan Isra’ Mi’raj ini juga didukung dengan adanya teknologi, kegiatan para santri bisa diekspos dalam berbagai media sosial. respon positif pun datang dari berbagi pihak mulai dari para asatidz, keluarga ndalem, terutama sasaran utama pada kegiatan kali ini yaitu para wali santri yang khawatir tentang putra dan putri mereka.

Semoga dengan diadakanya acara Isra’ Mi’raj pada malam hari ini menjadi salah satu dari sebab turunya rahmat Allah SWT. dan Syafa’atul ‘Udzma dari Baginda Nabi Muhammad Saw yang kita nantikan sejak di dunia hingga di akhirat kelak. Aamiin.

Spread the love

Share This Post

Like This Post

1

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks