Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

PERINGATAN HAUL AKBAR KE XIX AL-MAGHFURLAH KH. HASYIM SHOLEH BERSAMA ALUMNI MAYAK SE-NUSANTARA || Cinta Kuat Dalam Hati, Tercermin Nyata Dalam Partisipasi

PONOROGO- Tradisi HAUL di Pondok Pesantren bukanlah hal asing lagi di telinga santri dan masyarakat zaman kini. Kegiatan dalam rangka memperingati jasa-jasa Pendiri Pondok Pesantren terhadap perkembangan pesantren serta syi’arnya dalam agama Islam kembali diadakan di PP. Darul Huda Mayak, Ponorogo.

DARUL HUDA – menggemparkan bumi mayak kembali dengan mengadakan acara dalam rangka memperingati HAUL Pendiri PP.Darul Huda bersama para Alumni Mayak Se-Nusantara.  Kegiatan ini merupakan lanjutan dari acara sima’an MANTAB RABU PAHING kemarin (11/05). Kegiatan peringatan Haul bersama para alumni ini disesuaikan dengan tanggal wafat beliau, Al Maghfurlah KH. Hasyim Sholeh yakni 18 syawal. Berbeda dengan peringatan-peringatan HAUL sebelum-sebelumnya, dimana HAUL diperingati dengan acara istima’il Qur’an di Rabu pahing pada bulan syawal yang mana terkadang jatuhnya tidak sesuai, yakni di awal, tengah bahkan akhir bulan. Peringatan berjalan selama 2 hari yakni mulai hari Rabu, 18 Mei 2022/ 17 Syawal 1443 H sampai dengan Kamis, 19 Mei 2022/18 Syawal 1443 H. Diantara serangkaian kegiatan peringatan HAUL Akbar ke XIX Al-Maghfurlah KH. Hasyim Sholeh bersama Alumni Mayak se-Nusantara adalah:

  1. Rabu, 18 Mei 2022/ 17 Syawal 1443 H
  2. Ziarah Makam Masayikh dan Mujahadah Dzikrul Ghafilin
  3. Kamis, 19 Mei 2022/ / 18 Syawal 1443 H
  4. Tahlil, Sarasehan bersama Masayikh, dan temu kangen
  5. Malam Puncak Pengajian Akbar

Ziarah Makam Masayikh dan Mujahadah Dzikrul Ghofilin

Kegiatan Peringatan HAUL bersama alumni Mayak se-Nusantara dimulai dengan Dzikrul Ghofilin yang berlangsung pada hari Rabu (18/05) bertempat di Makam Al-Maghfurlah KH Hasyim Sholeh. Tepat pukul 20.40 WIB,  Ust. Ahmad Hamrofi sebagai Master Of ceremony memulai acara dengan membacakan serangkaian kegiatan mujahadah dzikrul ghofilin bersama para Alumni. Sambutan dari ketua IKADHA pusat dan Mauidzoh Hasanah dari Bapak Pengasuh juga tercatat sebagai acara yang mengisi mujahadah malam ini.

Mujahadah Dzikrul Ghofilin yang dipimpin oleh KH. Abdussami’ Hasyim bersama Alumni

Antusias para alumni dalam kegiatan mujahadah kali ini sangat memuaskan, hal ini disampaikan oleh ketua IKADHA Pusat, H. Choirul Anam dalam sebuah sambutan “ Almdulillah, yang menghadiri acara malam ini tidak hanya alumni dari Ponorogo saja, akan tetapi juga dari Jakarta dan dari Bali. Semoga besok ketika malam puncak acara semakin banyak alumni yang ikut berpartisipasi.”  

“Mugi-mugi kito sedoyo ngawontenaken HAUL meniko, mengeti dumateng guru kito sedoyo, inggih meniko al-maghfurlah KH. Hasyim Sholeh. Mugi-mugi kito sedoyo benjing dipun kempalaken sareng kalih guru nipun guru guru guru nipun guru ngantos guru ingkang paling akhir. Kito sedoyo dipun sarengaken wonten bahteranipun poro priyantun-priyantun ingkang sae wonten  ngarsanipun Allah SWT”.

(Semoga dengan adanya acara HAUL, dalam rangka memperingati jasa guru kita, yaitu al-Maghfurlah KH. Hasyim Sholeh, semoga kita dapat dikumpulkan bersama guru kita, guru dari guru kita, guru dari guru guru kita sampai paling akhir. Semoga kita bisa dikumpulkan bersama di bahteranya para orang-orang yang baik di hadapan Allah SWT).  Dawuh Beliau, Romo KH. Abdus Sami’ Hasyim dalam mauidzoh Hasanah sebelum dimulainya mujahadah.

Beberapa menit setelahnya, pukul 21.05 dzikrul ghofilin mulai dilantunkan dengan dipimpin oleh Beliau KH. Abdus Sami’  Hasyim bin KH. Hasyim Sholeh.Kegiatan berlangsung sangat mengharukan, dimana ditengah-tengah dzikir dikumandangkan, hujan datang mengguyur seisi alam. Semoga cuaca yang demikian dapat menambah keberkahan seluruh rangkaian kegiatan serta dapat menjadi washilah terkabulnya seluruh doa yang dilangitkan. Aamin.

Tahlil, Sarasehan bersama Masayikh, dan Temu Kangen

Kamis, 19 Mei 2022 kegiatan peringatan berlangsung di Aula Shofa Putri. Lantunan adzan dari sdra. Yusuf Mubarak mengawali kegiatan sholat berjamaah ashar para hadiirin hadiraat sore itu. Kegiatan tahlil menempati acara kedua setelah sholat berjamaa’ah ashar selesai, dimana kedua kegiatan tersebut dipimpin oleh Beliau, KH. Abdul Adzhim.

Tahlil, Sarasehan bersama Masayikh, dan Temu Kangen Alumni

Setelah serangkaian tahlil selesai, sarasehan bersama masayikh pun dimulai alih-alih curah hujan sedikit menutupi gambaran kekhidmatan sore itu. Kegiatan sarasehan dengan para masayikh ini dipimpin oleh al-mukarrom, KH. Abdus Sami’ Hasyim. Kegiatan berjalan lancar, bahkan salah seorang anggota IKADHA Magetan terlihat antusias mengutarakan isi hatinya kepada Romo Kyai.

Temu kangen para alumni juga terlaksana di beberapa menit yang tersisa di waktu senja. Para Alumni dari berbagai daerah saling bertemu, berbagai profesi pun melebur jadi satu, tidak memandang lagi apa yang mereka pegang kini, yang ada hanya mengingat perjuangan-perjuangan dulu sewaktu bersama dalam menimba ilmu. Saling menceritakan kembali kehidupan dahulu, juga saling bertukar pengalaman yang mereka alami.

Malam Puncak Pengajian Akbar

Malam puncak acara haul akbar pendiri pondok pesantren Darul Huda Mayak yang dilaksanak pada Kamis Malam Jum’at 19 Mei 2022 M / 18 Syawal 1443 H ini di ikuti oleh muktahorijin dan mukhtakhorijat se-Nusantara dan juga dibuka umum bagi masyarakat.

Mauidhoh Hasanah oleh KH. Abdul Qoyum Mansyur

Pengajian Akbar dalam rangka Haul Al-Magfurllah pendiri pondok pesantren Darul Huda Mayak ini di isi oleh beliau K.H. Luqman Dimyati, pengasuh Pondok Pesantren Termas, Pacitan dan beliau K.H. Abdul Qoyyum Mansur pendiri Pondok Pesantren An-Nuur, Lasem, Rembang, Jawa Timur.

Beliau bapak Pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda Mayak KH. Abdus Sami’ Hasyim menuturkan sangat bahagia dengan adanya ide dari para alumni Darul Huda dalam mengusulkan adanya kegiatan temu kangen alumni pondok pesantren Darul Huda mayak se-nusantara dalam rangka Haul Al-Magfullah K.H Hasyim Solih. Terbukti dari penuturan beliau pada saat penyampaian sambutan ” kulo merasa marem bingah sanget” dan kemudian beliau meminta tambahan doa pangestu dari para tamu undangan.

Sekilas cuplikan dari isi pengajian yang disampaikan oleh beliau K.H Abdul Qoyyum Mansur adalah tentang  ulama alim dan hebat yang wafat pada bulan syawal.

Dikisahkan Amirul Mukminin fil hadist yakni beliau Muhamd Bin Ismail atau yang lebih dikenal dengan Imam Bukhori wafat pada tanggal 1 syawal yang mana pada hari itu orang-orang mukmin sedang merayakan hari kemenangan. Beliau menuturkan orang-orang alim pada zaman dahulu wafat setelah mendapatkan kesuksesannya. Beliau menyampaikan bahwa bumi yang disitu terdapat ulamanya maka akan mengandung banyak Barokah.

Mauidhoh Hasanah oleh KH. Abdul Qoyum Mansyur

KH Lukman Haris Dimyati Tremas Pacitan sebagai Ketua Gerakan Ayo Mondok, Pesantrenku Keren memiliki keinginan yang kuat untuk melestarikan Santri Kitab Kuning, begitu beliau menyebutnya. Dalam hal ini beliau sangat mengapresiasi Pondok Pesantren Darul Huda Mayak sebagai Pondok Pesantren yang masih melestarikan manhaj salaf sesuai dengan motonya yaitu Al Muhafadhotu ‘ala qodim Al Sholih Wal Akhdu bil jadid Al-Ashlah sekaligus pondok pesantren yang terus berkembang di Ponorogo. Semoga selalu mendapatkan barokah ila yaumil qiyamah. Aamiin.

Salah satu dawuh Beliau yang mengutip dawuh dari Gus Sholah atau KH Sholahudin Wahid, yaitu ada 2 hal yang dapat disimpulkan, yang pertama jika pondok membutuhkan kita, kita harus siap, anggap pondok itu sebagai rumah kedua. Yang kedua, tetap ithishol dengan pondok atau menjaga sanad keilmuan dengan memondokkan salah satu anak kita kelak di Mayak agar tidak terputus sanadnya.

Acara pengajian akbar di tutup dengan doa yang dipimpin oleh beliau KH. Nawawi Cholil selaku penasehat utama santri Gayeng, Rembang. Adapaun sekilas dawuh Beliau sebelum memimpin do’a, “mugo, kulo panjenengan sedoyo entok barokahe Mbah Hasyim.” (Semoga saya dan kalian semua mendapatkan barokahnya Mbah Hasyim). Aamin.

Teriring doa semoga keberkahan menyelimuti para hadirin hadiraat, mutakharijiin mutakharijaat serta virtualiyiin virtualiyaat  yang mengikuti serangkaian kegiatan peringatan HAUL Akbar ke XIX Al-Maghfurlah KH. Hasyim Sholeh bersama Alumni Mayak se-Nusantara. Allahumma Aaamin.

Spread the love

Share This Post

Like This Post

0

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks