Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

Upaya Peningkatan jiwa inovatif, kreatif dan edukatif santri melalui MUSDHA

PONOROGO – MUSDHA (Musabaqoh Santri Darul Huda) adalah serangakian kegiatan yang dilaksanakan setelah selesainya kegiatan ujian semester gasal tahun 2021 di Pondok Pesantren Darul Huda. Kegiatan ini resmi dibuka pada hari sabtu, 25 Desember 2021 bertepatan dengan 20 Jumadil Ula 1443 H bertempat di halaman asrama gedung Putri.

Prosesi Pemotongan pita dalam pembukaan MUSDHA MMXXI. (25/12/2021).

Acara dihadiri oleh seluruh keluarga ndalem, Ka. Bag kepesantrenan putra dan putri, Bapak Kepala Madrasah baik Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Miftahul Huda,  dan juga dihadiri oleh Ust. Saifudin zuhri selaku kepala keuangan pondok mayak.

Pondok Pesantren Darul Huda Mayak mengisi waktu liburan semesternya dengan mengadakan acara didalam pondok, artinya tidak ada pemulangan santri saat liburan semester. Karena seperti yang diketahui, bahwa saat ini kasus Covid-19 masih merajalela di tanah air. Hingga saat ini pada liburan semester gasal, pemerintah masih menjalankan PPKM level 3 khususnya wilayah Ponorogo. Untuk menyadari situasi dan kondisi tersebut dengan senang hati keluarga besar Pondok Pesantren Darul Huda mayak tetap menjalani waktu liburannya dengan mengadakan rakaian acara pondok.

Kegiatan pembukaan diawali dengan penampilan OG. Jalsah al-Hasyim, kemudian dibuka oleh petugas master of ceremony yang dibawakan Sdr. Choirul Anam. Acara dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh tamu undangan dan para santriwan santriwati. Selanjutnya acara diisi dengan sambutan-sambutan.

Sambutan pertama disampaikan oleh ketua umum MUSDHA (Musabaqoh Santri Darul Huda) tahun 2021. Dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan bahwa MUSDHA adalah bentuk rasa syukur para santri karena telah menyelesaikan serangkain ujian semester gasal baik sekolah pagi maupun sekolah sore tahun 2021. Selain mejadi hiburan yang menjernihkan pikiran dari banyaknya aktivitas yang telah dilakukan selama semester gasal, Kegiatan tersebut juga sebagai daya tampung ide inovatif, kreatif dan edukatif dari para santri.

MERIAH : Salah Satu Seni Pertunjukkan Tari Bujang Ganong dalam pembukaan MUSDHA MMXXI. (25/12/2021)

Sambutan keduanya disampaikan oleh guru rohani kita, beliau Bapak Pengasuh Pondok Pesantren Darul Huda, Romo KH. Abdus Sami Hasyim. Beliau memberikan pengertian kepada seluruh santri bahwa kita masih dalam masa pandemi, oleh karenanya banyak kegiatan yang tidak bisa kita lakukan sebagaimana biasa, baik yang formal maupun salafiyah. Dengan kerendahan hati, beliau juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan MUSDHA.

“Harapannya dengan adanya kegiatan MUSDHA ini, kita semua bisa mengukur kemampuan kita. Kalau kita semua masih kurang, maka kita pacu kemampuan pendikan kita, tidak boleh menyalahkan situasai kondisi apalagi menyalahkan wabah seperti ini. Bagi yang sudah merasa cukup harus ditingkatkan kembali”. Tegas Beliau.

“Sejenak kita bergembira untuk meningkatkan imun kita, dengan Harapan Setelah kegiatan MUSDHA ini semoga kita menjadi lebih sehat, bahkan termotivasi dan selain itu kita harus lebih semangat, meningkat, rajin di dalam belajar dan juga mengaji.

Dengan bacaan “Bismillah dan laa haula wa laa quwwata illa billah” saat itu juga kegiatan MUSDHA telah resmi dibuka. Pembukaan simbolis dilakukan juga dengan pemotongan pita dan penerbangan balon. Riuh tepuk tangan santriwan santriwati mengiringi prosesi pembukaan kali ini. Perasaan gembira tersirat sangat jelas dari kerasnya tepuk tangan mereka. Acara diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh KH. Abdul Adhim.

Adapun Penampilan-penampilan karya santri yang tidak kalah menarik dipersebahkan dalam acara pembukaan tersebut, yang diantaranya adalah Marching Band oleh santri putra, Paduan Suara oleh santri putri, Tari Bujang Ganong oleh santri putra, Tari Asmaradana oleh santri putri, Kreasi PBB oleh santri putra, Wonderland oleh santri putri, semaphore oleh santri putri, dan Drama kolosal oleh santri putra dengan judul Manggala Birawa chapter 2, yang merupakan drama kolosal lanjutan persembahan Harlah tahun 2018. Arti dari drama tersebut adalah Generasi muda yang memiliki kekuatan dahsyat untuk menembus impian hingga menjadi orang yang berpengaruh di masyarakat yang dilandasi akhlakul karimah.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan jiwa inovatif, kreatif dan edukatif santri. Dan juga menambah semangat santri dalam menimba ilmu di PP. Darul Huda Mayak dalam keadaan apapun. Aamiin.

Spread the love

Share This Post

Like This Post

2

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks