Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

TITLE
TITLE

USIA BUKAN HALANGAN, SUARA DAI-DAI CILIK MENGGEMA DI DARUL HUDA

Masih dalam rangkaian kegiatan Haflatul Imtihan Akhirassanah 2022 Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Pada hari rabu (13/7) terlaksana kegiatan lomba Pilihan Dai Cilik (pildacil) tingkat umur 6 – 12 tahun di Aula Shofa Pondok Pesantren Darul Huda.

Kegiatan Pildacil ini merupakan ajang pencarian bakat-bakat cilik di bidang pidato dan dakwah dan mengenalkan mereka tentang tasharruful ilmi (menyampaikan ilmu), hal ini didukung dengan kegiatan yang bertemakan “keutamaan menuntut ilmu” dan “keutamaan bulan Dzulhijjah”. Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 wib ini dipandu oleh Sdr. Fadhli Tastaftiyan dari Jakarta dan disaksikan oleh santri putri pondok pesantren Darul Huda, meski begitu mental mereka tidak redup sedikitpun walaupun dihadapkan panggung besar dan banyaknya penonton, mereka seperti menegaskan bahwa usia bukan hambatan untuk memelajari ilmu seperti yang mereka sampaikan

salah satu peserta Lomba Pildacil Saat tampil di PP Darul Huda Mayak

طَلَبُ الْعِلْمِ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّهْدِ

“Mencari ilmu itu sejak dari buaiyan sampai liang lihat.”

Para peserta yang hadir didampingi orang tuanya tersebut begitu antusias dalam menyampaikan kultum/tausyiyahnya masing². Mimik wajah yang menggambarkan isi tausyiyah diiringi dengan gerakan tangan yang melukiskan urgensi isi meyakinkan kita bahwa persiapan adik² ini memang matang. Lantunan ayat suci Al-Quran, penggalan Hadits Nabi, syi’ir, bait-bait karya ulama pun menggema merdu di aula dijadikan rujukan teori yang mereka sampaikan.

Juri pada acara kali ini adalah Ustadz Sudono, S.Pd., Ustadz Nur Huda, S.Pd., dan Ustadz Deni Kurniawan, S.Pd. Ahli bahasa di Pondok Pesantren Darul Huda. Sebab seluruh peserta yang tampil sama baiknya, nilai yang diperoleh pun menjadi tidak banyak gap antara satu dengan yang lainnya. Sehingga juri pun harus berani memutuskan yang terbaik di antara semua yang terbaik dari adik-adik nan pintar dan menggemaskan ini.

Dari Kiri: Ustadz Sudono S.Pd., Official dan juara 1 (Intan NF), Official dan juara 2 (Asma QM), Official juara 3 (Ania ZZ), Official dan harapan 1 (Zilvania AA), official dan harapan 2 (Ayunda), official dan harapan 3 (Rusydah RU), serta Ustadz Umar M.Pd.I selaku Kepala MA Darul Huda

“Latar belakang diadakannya lomba pildacil se-Mataraman ini adalah kami ingin menggali bakat-bakat cilik di bidang dakwah dengan harapan fokus seperti ini dapat menjadi minat dan selanjutnya dikembangkan menjadi lebih baik lagi, serta menjadi pengenalan atas Pondok Pesantren Darul Huda Mayak terhadap anak-anak yang masih kecil ini.” Jelas Faris Nurhabib, Penanggung Jawab Kegiatan.

Akhirnya sebelum diututupnya acara pada pukul 15.30 WIB., didapatkanlah 6 peserta terbaik dengan perincian sebagai berikut:

  1. Juara 1                         : Intan Nasywa Febriana
  2. Juara 2                         : Asma Qoniatul M
  3. Juara 3                         : Ania Zakiyatu Z
  4. Juara Harapan 1          : Zilvania Ainin Aviz
  5. Juara Harapan 2          : Ayunda
  6. Juara Harapan 3          : Rusydah Rutbatul Ulya
Spread the love

Share This Post

Like This Post

0

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks