Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

KBIHU Al Haromain

  1. MUQADDIMAH

Ibadah haji merupakan ibadah amaliyah mengandung hal-hal yang memerlukan pemahaman dan penguasaan ketrampilan secara tertib dan benar, sehingga sangat perlu umtuk mendalaminya dan menjadi  satu tuntutan tersendiri.

Dan untuk membantu calon jamaah haji didalam memahami dan menguasai tata cara ibadah haji  serta untuk memperlancar kegiatan ibadah haji tersebut, maka di pandang sangat perlu sekali diadakan suatu pelatihan tentang manasik haji dengan harapan calon jamaah haji didalam melaksanakan ibadah hajinya bisa tertib dan benar sehingga bisa menjadi haji yang mabrur.

Berangkat dari tuntutan calon jama’ah haji untuk mendalami tata cara serta petunjuk-petunjuk dari KH. HASYIM SHOLEH (Alm) selaku pimpinan Pondok Pesantren Darul Huda, tentang pelaksanaan ibadah haji yang baik dan benar dari rumah sampai kembali ke rumah lagi. Maka Pimpinan Pondok Pesantren Darul Huda memandang perlu untuk dibentuk suatu kelompok Bimbingan Ibadah Haji guna untuk menampung aspirasi yang berkembang pada saat itu.

Lembaga bimbingan dan pelatihan manasik haji di Pondok Pesantren Darul Huda berdiri sejak tahun 1995 yang bertempat di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Dan pada tahun 2001 dibentuk sebuah KBIH yang diberi nama KBIH Al Haromain.  KBIH Al Haromain adalah salah satu dari beberapa lembaga sejenis yang berada di kabupaten Ponorogo dan sampai saat ini masih eksis menyelenggarakan bimbingan dan pelatihan manasik haji dengan tujuan untuk memberikan bekal ilmu dan ketrampilan dengan tepat dan benar sesuai syariat Islam.

Adapun bimbingan dan pelatihan manasik haji di KBIH Al-Haromain diadakan secara tutorial, dialogis dan praktis. Hal itu tidak terlepas dari diberlakukanya Undang-Undang Haji oleh kantor Kementerian Agama RI, sehingga diharapkan agar para jamaah haji nantinya menjadi haji yang mandiri. Disamping itu juga KBIH Al-Haromain memberikan bimbingan dari awal di Indonesia dan juga secara tidak langsung akan memberikan bimbingan di Makkah al Mukarromah lewat orang-orang yang diberikan  tugas atau juga wakil dari pondok serta orang-orang yang sudah mukim di sana.

  • MATERI BIMBINGAN DAN PELATIHAN

Materi yang diberikan mencakup segala hal yang akan dihadapi oleh para calon jamaah haji dalam melaksanakan ibadah sejak dari rumah, di perjalanan, di Makkah al Mukarromah sampai kembali lagi di rumah, baik yang menyangkut hukum Islam, teknis dan non teknis.

  • METODE BIMBINGAN DAN PELATIHAN

Metode bimbingan dan pelatihan yang ada di KBIH Al-Haromain adalah :

  1. Metode ceramah, yaitu penjelasan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan hukum, syarat, serta tata cara ibadah haji, yang di jelaskan oleh tutor-tutor yang berpengalaman didukung dengan media lainnya.
  2. Metode dialogis, yaitu tanya jawab seputar permasalahan-permasalahan ibadah haji yang ada pada saat ini.
  3. Metode praktis, yaitu peragaan dan praktek tentang pelaksanaan ibadah haji dilapangan secara langsung dengan memakai peralatan yang lengkap. Serta di bimbing oleh para ahli yang telah lama memberikan bimbingan dan pelatihan, sampai para calon haji betul-betul mampu melaksanakan haji secara mandiri.
  4. IDENTITAS KBIH

NAMA                     : KBIH AL-HAROMAIN

ALAMAT                             : Jl.  Ir. H. Juanda Gg. VI No. 38 Telp. (0352) 461093 Fax. (0352) 462288 Hp. 0823 345 9000 7 Mayak Tonatan Ponorogo 63418

NO. SK                     : 882 Tahun 2014

  • SUSUNAN PENGURUS

Pelindung                   : KH. Abdus Sami’ Hasyim (selaku Pengasuh Ponpes. Darul Huda Mayak)

Ketua                          : 1. H. Achmad Heriyanto, BA.

                                    2. KH. Anshor Asfihani

Sekretaris                  : 1. H. Choirul Anam, S.H.I.

                                    2. H. Suyanto

Bendahara                 : 1. H. Ehsan Moh Tolu

                                    2. Purwanto, S.Pd.I

Sarana                       : 1. H. Wahono

                                    2. H. Miswan

                                    3. H. Sutomo

  • PEMBIMBING DAN PELATIH

Pembimbing dan pelatih adalah para ulama yang mumpuni dalam bidang ilmu manasik haji dan telah menunaikan ibadah haji berkali-kali, serta dibantu oleh orang-orang dari kami yang telah lama mukim di Makkah al Mukarromah.

NONAMASTATUS SERTIFIKASINOMOR SERTIFIKAT
 KH. Abdus Sami’ HasyimBelum 
 KH. Acmad Saifuddin Rofi’iBelum 
 KH. Abdul Wachid, S.Pd.IBelum 
 KH. Abdul ‘Adzim, S.Pd.IBelum 
 KH. Syamsuri Abdul AzizBelum 
 H. M. Sutikno, S.Ag.Belum 
 dr. H. Achmad SunarnoBelum 
 H. M. DaroiniSudahB.6839/DJ.II.I/HJ.01/10/2016
 H. Askap JamzuriBelum 
 Drs. H. Fadhlal, M.SiBelum 
 Drs. H. Moh. IsnoBelum 
 H. Abid MufarrihinBelum 
 H. M. Hamdan Rifa’i, S.Th.I, M.ABelum 
 Hj. MarianaSudahDj.VII.I/1/Hj.01/4648/2015
 Hj. SuryaningsihBelum 
Spread the love

Top Reviews

Create a review to display it here.

Recent Comments

Editor Picks