Selayang Pandang

SELAYANG PANDANG PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK

 

Pondok Pesantren Darul Huda Mayak adalah salah satu dari sekian banyak pondok pesantren yang ada di kabupaten Ponorogo. Berdiri sejak tahun 1968 oleh KH. Hasyim Sholeh. Penggunaan metode Salafiyah Haditsah dimaksudkan bahwa Pondok Pesantren Darul Huda Mayak melestarikan metode lama yang baik dan mengembangkan metode baru yang lebih baik.

Metode ini diterapkan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dalam bentuk pendidikan formal dan non formal. Adapun pendidikan formal meliputi : MTs (sederajat SMP), MA (sederajat SMA) dan Madrasah Diniyah (MMH). Sedangkan pendidikan non formal diselenggarakan dalam bentuk pengajian kitab-kitab kuning salafi yang mu’tabaroh.

Dengan metode tersebut, santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dapat mempelajari ilmu pengetahuan agama Islam secara utuh, dalam arti tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan agama Islam seperti syari’at, tauhid dan tasawuf dalam rangka Tafaqquh fiddiin, tetapi juga mempelajari ilmu pengetahuan agama Islam yang bersifat umum seperti fisika, kimia, biologi dan lain-lain dalam rangka Tafakkur fii kholqillah. Sehingga dengan metode tersebut akan membentuk santri yang mempunyai jiwa keagamaan yang teguh dan tegar serta dapat hidup secara fleksibel dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di zaman yang modern ini.

2017 Powered By Wordpress, Mayak Theme By Darul Huda Digital Creative Team