Close

Login

Close

Register

Close

Lost Password

DARI DULU HINGGA SEKARANG SANTRI SERBA BISA JADI APA SAJA : Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI-AD di Pon. Pes Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Ponorogo – Pondok Pesantren Darul Huda Mayak kedatangan tamu dari Denbekang V-44-01/ Madiun guna lakukan sosialisasi penerimaan prajurit baru TNI AD khusus jalur santri.

Sambutan pembukaan oleh KH. Abdul Wachid dalam sosialisasi penerimaan prajurit TNI-AD. (19/01/2022)

Kegiatan yang digelar di Aula asrama Ar-roudhoh 3 tersebut diikuti oleh segenap santri kelas 12 MA, sekitar 150 santri dengan khidmah mengikuti kegiatan sejak pukul 09.10 WIB sampai dengan selesai.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh KH. Abdul Wahid selaku Ka.Bag. kepesantrenan putra Darul Huda dan didampingi oleh Kepala Madrasah Aliyah, Bapak Umar M. Pd. dan beberapa guru pendidik.

“Pada hari ini kita mendapatkan anugerah dan hidayah kedatangan tamu dari korem dan kodim dalam rangka memberikan sosialisasi kepada para santri untuk mendarma-baktikan untuk berjuang untuk membela nusa dan bangsa dengan menjadi prajurit TNI-AD. Kita minta semua para santri apapun yg disampaikan dari tim korem supaya dipahami dan bila kurang jelas untuk menanyakan langsung ke Tim Korem maupun Kodim.” Tutur bapak ka.Bag dalam suatu kesempatan

Selanjutnya giliran KASDIM 0802 Ponorogo, Mayor Inf Misirin yang memberikan sambutannya, beliau meminta kepada KAAJENREM agar memberikan pemahaman kepada para santri sejelas jelasnya biar nanti para santri memahami pasal dalam pengrekrutan calon TNI tahun 2022 ini. Ponpes menjadi salah satu prioritas jalur masuk sebagai anggota militer tersebut. Tentunya, semua harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Penjelasan materi oleh KAAJENREM 081/DSJ Madiun kepada para santri. (19/1/2022)

Acara kemudian dilanjutkan ke sesi pematerian, sebelum KAAJENREM 081/DSJ Madiun memberikan materi seputar pendaftaran, video pengenalan TNI AD terlebih dahulu diputar demi memberi gambaran umum dan efisiensi waktu. Beberapa hal penting yang disampaikan adalah:

1. Jalur yang bisa dipilih masyarakat Indonesia untuk menjadi prajurit TNI AD. Secara umum, terdapat 3 jalur seleksi yang bisa diikuti yaitu Tamtama, Bintara, dan AKMIL.

2. Pada tahun 2022, TNI AD membuka jalur khusus lain untuk masyarakat yang ingin menjadi prajurit TNI. Melalui laman resminya TNI AD memberikan informasi dibukanya rekrutmen Tamtama dan Bintara PK khusus santri dan lintas agama tahun 2022.

3. TNI Angkatan Darat atau TNI AD membuka rekrutmen prajurit melalui jalur santri dan lintas agama. Rekrutmen ini dibuka untuk pangkat Tamtama dan Bintara PK. Sama seperti jalur penerimaan lainnya, pendaftaran dan seleksi jalur ini gratis tanpa dipungut biaya apa pun.

4. Rekrutmen ini merupakan kesempatan besar bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi TNI. Tentunya, pelamar perlu memenuhi syarat yang diajukan. Salah satu persyaratan yang perlu diperhatikan yaitu untuk yang beragama Islam diutamakan Lancar membaca Al Qur’an, hafidz Al-Qur’an beberapa jus, hafal Juz Ama, mampu Kutbah/Kultum , mampu menjadi Imam memahami hadits, dapat membaca kitab kuning dan mampu bahasa Arab.

5. Pelaksanaan rekrutmen Cabang PK sember Santri dan lintas Agama

Pada rekrutmen Bintara PK TNI AD khusus santri dan lintas agama, seleksi dilakukan pada 1 gelombang saja. Pelaksanaan pendaftarannya dilakukan secara terpisah untuk wanita dan pria. Berikut ini jadwal pendaftarannya.

Jadwal pendaftaran Bintara PK wanita:

  • Pendaftaran Online: 3 Januari – 10 Juli 2022
  • Daftar Ulang dan Validasi: 11 – 22 Juli 2022

Jadwal pendaftaran Bintara PK pria:

  • Pendaftaran Online: 3 Januari – 10 Agustus 2022
  • Daftar Ulang dan Validasi: 11 – 23 Agustus 2022

Informasi Lebih Lanjut

TNI Angkatan Darat belum memberikan informasi lebih lanjut terkait pelaksanaan seleksi jalur santri dan lintas agama. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui:

  • Media sosial resmi TNI AD
  • Laman ad.rekrutmen-tni.mil.id
  • Datang ke Ajendam/Ajenrem terdekat

Tamtama PK Gelombang pertama  TA. 2022 sumber Reguler, Santri dan lintas Agama daftar online mulai 1 Januari 2022. Daftar ulang dan validasi tgl 21 Pebruari s.d 04 Maret 2022.

Coba keahlian pria Santri dan lintas Agama gelombang kedua dan reguler Wanita daftar online mulai 2 Januari s.d Juli 2022 daftar ulang dan validasi tgl 11 s.d 22 Juli 2022.

Dalam kalimat akhir pemateriannya beliau berpesan “Mari bergabung bersama TNI untuk mengabdi kepada Negara melalui jalur Santri, Harapan Kami bila berminat untuk menjadi Anggota TNI-AD supaya mengurus persyaratan persyaratan dan nanti ada perwakilan dari Ponpes Darul Huda Mayak Ponorogo. Karena ternyata sudah ada alumni dari sini yang menjadi TNI.”

Kegiatan Sosialisasi ini berakhir pukul 11.15 Wib dengan terlebih dahulu menyanyikan lagu “Bagimu Negeri” secara serentak oleh seluruh hadirin.

Itulah informasi rekrutmen Tamtama dan Bintara PK TNI AD santri dan lintas agama tahun 2022. Jika tertarik menjadi prajurit TNI AD, saudara bisa mencoba untuk daftar melalui jalur ini. Pendaftaran dibuka pada awal Januari 2022, jadi masih ada waktu untuk mempersiapkan diri sebelum mendaftar. Semoga informasi ini bermanfaat!

Spread the love

Share This Post

Like This Post

1

Related Posts

0
0

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Thanks for submitting your rating!
    Please give a rating.

    Thanks for submitting your comment!

    Top Reviews

    Create a review to display it here.

    Recent Comments

    Editor Picks